Macam Macam Nasi Berbumbu Yang Bikin Kamu Ketagihan

Makanan Indonesia memang sangat beragam seperti budayanya. Setiap tempat punya cukup banyak jenis makanan dan juga berbeda beda pula cara penyajiannya lhoo. Salah satu contohnya adalah nasi. Ngomong ngomong soal nasi, kali ini kita akan membahas macam macam nasi berbumbu.

Indonesia adalah negara yang sangat suka mengkonsumsi nasi. Nasi menjadi bahan pokok untuk disantap setiap hari. Mulai untuk makan pagi atau bisa dibilang sarapan, makan siang, sampe sampe makan di mlm hari lho.

Nah kali ini, kita akan membahas macam macam olahan nasi berbumbu yg hampir selalu bikin ngiler lidah dong pastinya. Kalian penasaran? Check it out guys!

Ini Dia, Macam Macam Nasi Berbumbu



1. Nasi Jamblang.

Nasi jamblang termasuk pilihan kuliner murah-meriah, teman-teman. Dikarenakan pada jaman dulu, pembelinya yakni tentu saja para buruh serta kuli angkut lho.

Beragam pilihan lauk yg biasanya dihidangkan ialah semur daging, kentang, perkedel, telur, ikan asin, tahu atau tempe, semur ikan, dan juga beraneka ragam lauk lainnya.

Lauk nasi jamblang dihidangkan dlm bentuk prasmanan, sedangkan klo nasi nya sendiri dibungkus menggunakan daun dari jati lho. Penggunaan daun jati itu untuk membungkus nasi jamblang juga ternyata tidak lah sembarangan, loh.

Dikarenakan para pedagang nasi jamblang udah memperhitungkan agar nasi tersebut lebih tahan lama, serta daun jati adalah salah satu jenis daun yang bisa membuat nasi tetap pulen. Nah biasanya untuk pemebuatan beras, perlu memakai jual mesin pemanen padi.

2. Nasi Kebuli.

Siapa si yg tak mengenal sama yg namanya nasi kebuli?. Sajian yg dimasak bersamaan dengan kaldu serta daging (umumnya kambing, tapi ada juga daging ayam ataupun sapi) plus beragam rempah rempah sehingga menghasilkan nasi yang gurih.

Sajian khas timur tengah yg tlah menjadi bagian kuliner nusantara ini umumnya terdiri dari nasi gurih yng kaya banget akan rempah loh.

Yang dimana ketika pengolahannya nasi akan dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan juga minyak samin, disajikan bersama daging kambing goreng atau sate kambing.

Aroma nasi kebuli yg sedap pastinya selalu berhasil menggoda nafsu makan untuk yg habis menciumnya loh. Tertarik?

3. Nasi Grombyang.

Nasi grombyang disajikan dengan mangkuk kecil. Komposisinya terdiri dari nasi putih, potongan daging kerbau, atau daging sapi, atau daging ayam yang sudah dipotong tipis, irisan daun bawang, serta berbagai bumbu rempah yang menyatu pada kuah kaldunya.

Diperhatikan sekilas, menu ini mirip rawon. Boleh jadi lantaran bahan dasar bumbunya juga memakai kluwek seperti halnya menu yg sohor di Jawa Timur loh.

Beda nya ialah kuah nasi grombyang lebih encer serta tidak sepekat rawon. Padu padan bumbu rempah pada kuah hangat itu sangat gurih memikat.

So guys, setelah kalian membaca artikel ini, apakah kalian mempunyai referensi lain tentang macam macam nasi berbumbu, khas Indonesia lainnya? Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat ya. Anda bisa mengkliknya disini, Apabila ingin membaca artikel positif lainnya ya.

Komentar