Agar Benih Padi Cepat Tumbuh Dengan Cara Yang Baik

Perlu anda ketahui bahwa dengan mempraktekan cara agar benih padi cepat tumbuh, pembuatan benih padi yg efisien dapat memaksimalkan hasil panen pada benih padi. Sehingga apabila ditaburkan akan mampu untuk tumbuh dengan cara yng lumayan cepat.

Maka anda juga akan melakukannya. Biasanya para petani tentu akan melakukan teknik cara tertentu semacam merendam benih padi dalam pemilihan benih padi.

Yakni dengan tahap penyortiran benih, setelah itu merendamnya dengan air selama kurang lebih sekitar satu malam, baru setelah itu benih disebar pada area yang sudah dipersiapkan untuk proses menyemai.

Dalam cara membuat benih padi dalam budidaya padi disawah, menyemai yakni hal yang pokok serta sangat mempengaruhi hasil dari panen padi.

Ini Dia Cara Agar Benih Padi Cepat Tumbuh


Perendaman benih tanaman padi

Perendaman benih padi dapat memaksimalkan hasil panen pada benih padi, sehingga apabila disemai akan mampu untuk tumbuh secara cepat. Cara perendaman benih padi bisa saja dikerjakan dengan larutan garam, yakni sebagai berikut:
  1. Jemur benih sampai kering jika benih berasal dari hasil panen musim sebelumnya. Akan tetapi, jika benih berasal dari penangkar benih atau pun toko pertanian maka bisa langsung direndam.
  2. Masukkan benih ke dalam bak yang berisi air.
  3. Masukkan telur ayam mentah serta garam sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampe telur mengapung.
  4. Benih yng terapung dibuang sedangkan benih yng terendam diambil sbg bibit.

Pemilihan benih

Benih dengan berat jenis lebih tinggi,pada umumnya memiliki mutu fisiologis (daya kecambah serta vigor) yg lebih tinggi, serta pertumbuhan dilapang yang lebih cepat dan juga seragam.

Tujuan perendaman ini ialah untuk mendapatkan benih yang bernas, menekan serta menghilangkan inokulum penyakit yang terbawa pada benih karena air garam atau abu berfungsi antiseptik.

Manfaat Dari Merendam Benih Padi Sebelum Penyemaian .

Manfaat dari merendam benih padi sebelum melakukan penyemaian yakni tentu saja akan mempercepat atau pun merangsang pertumbuhan si akar. Jadi dengan merendam benih padi dalam air selama satu malam akan merangsang kecambah akar.

Selain itu dengan memberikan nya ZPT akan lebih mempercepat pertumbuhan akar pada benih padi.
Walaupun pemanenan bukan merupakan bagian dari budidaya padi, akan tetapi Anda dapat memanen padinya dengan membeli di jual mesin panen padi karena lebih mudah dan lebih cepat dalam pemanenannya.

Mungkin cukup sekian artikel mengenai  cara agar benih padi cepat tumbuh, semoga bermanfaat. Terimakasih. Bila Anda ingin membaca artikel artikel positif lainnya. Anda dapat mengklik disini.

Komentar