Cara Budidaya Padi Yang Bagus Tanpa Ribet Sekali Coba Langsung Bisa

Tanpa padi maka manusia tidak mungkin dapat mengkonsumsi nasi kembali. Sehingga, budidaya padi sawah perlu trus dikembangkan oleh petani padi di Negeri kita yakni Indonesia. Inilah cara budidaya padi yang bagus.

Selain nilai kebutuhannya, tanaman padi juga memiliki nilai ekonomi yng bisa dibilang tinggi. Oleh karena hal itu, diharapkan era ini semakin bertambah para petani yang mengembangkan budidaya dari tanaman padi.

Inilah Cara Budidaya Padi Yang Bagus



Untuk mendapatkan tanaman padi yg berkualitas, mestinya diperlukan cara tanam padi dan juga proses penanaman yang baik dan tentunya juga benar. Kira kira persiapan apa yang perlu di perhatikan dalam membudidayakan tanaman padi.

Berikut ini beberapa langkah dalam cara menanam padi yang harus di perhatikan supaya cara budidaya padi sampe panen berikut ini.

Persiapan media tanam

Media tanam untuk menanam padi perlulah disiapkan minimal dua minggu sebelum adanya penanaman. Persiapan dilakukan dengan mengolah tanah sebagai media tanam. Tanah perlu dipastiin bebas dari gulma serta rumput liar.

Pemilihan bibit

Bibit pada tanaman padi diharuskan untuk melewati pengujian terlebih dulu karena untuk menentukan kualitasnya. Pengujian digarap dengan merendam sekitar kira kira 100 butir benih padi di dlm air. Setelah dua jam periksalah benih tersebut.

Persemaian

Persemaian bisa benih dilakukan selama 25 hari sebelum masa masa tanam. Tempat untuk persemaian diusahakan sama lho ya atau tak terlalu jauh dari lahan dikarenakan untuk menjaga kesegaran waktu proses pemindahan.

Yang seenarnya paling perlu diperhatikan yakni drainase harus baik supaya benih tak kelebihan air. Lahan dibuat bedengan dan juga dicangkul hingga tak ada bongkahan tanah lagi.

Proses Menanam Padi 

Terdapat beraneka ragam cara atau tutorial penanaman padi, namun lebih disarankan dengan cara tanam jajar legowo 2 : 1 (40 x (20 x 10) cm.

Cara tanam ini akan memberikan jumlah populasi yg lumayan banyak dengan produksi lebih tinggi dibanding kan dengan cara konvensional pada seringnya.

Perawatan lahan

Pengolahan lahan memiliki tujuan untuk mengubah sifat fisik tanah supaya si lapisan yang semula keras menjadi data serta melumpur. Hal ini akan membuat gulma mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air yang dapat menghemat air.

Dua minggu sebelum dilakukan nya pengolahan lahan seharusnya diberikan bahan organik berupa pupuk kandang 2 ton/ha dan kompos jerami 5 ton/ha secara merata di atas lahan.

Pemanenan

Cara panen dapat dilakukan secara manual menggunakan sabit dengan memotong pangkal batang atau dengan mesin reaper harvester untuk menghemat waktu. Panen dilakukan serentak dalamm satu lahan tentu saja untuk mengurangi resiko diserang nya para hama.

Anda dapat memanen menggunakan mesin di jual mesin panen padi.

Mungkin cukup sekian artikel mengenai cara budidaya padi yang bagus, semoga bermanfaat. Terimakasih. Bila Anda ingin membaca artikel lain. Anda dapat mengklik disini.

Komentar