Tehnik Budidaya Tanaman Padi Yang Pasti Buat Tanaman Kamu Jadi Berlimpah

Kali ini kita akan ulas artikel mengenai tehnik budidaya tanaman padi, step by step langkahnya. Dan diharapkan ini bisa membantu para petani. Khususnya petani muda atau pun pemula yg baru aja akan mempraktekan cara menanam padi yang benar.

Langsung aja ya ini dia cara budidaya tanaman padi yang gampang dan cepat tumbuh.

Ini Dia Tehnik Budidaya Tanaman Padi 


Tehnik Budidaya Tanaman Padi Yang Pertama, Pengolahan Lahan

Lahan becocok tanam diolah untuk menaikkan tingkat kesuburan tanah sebagai media tumbuh si tanaman padi tersebut. Tahapan pengolahan lahan, pada lahan basah/sawah:

Bajak Pertama

Membalik tanah sedalam lapisan olah atau pun topsoil memakai alat bajak, gunanya yakni:
  1. Lapisan tanah bagian bawah diangkat utk membonkar endapan mineral atau Hara yg susah diraih akar.
  2. Memperlancar sirkulasi udara, oksigen dimasukkan serta gas gas yg dapat meracuni tanaman melalui perakaran dikeluarkan.
  3. Rumput, benih benih gulma serta Sisa tumbuhan lainnya dibenamkan memperkaya bahan organik tanah nya.

Bajak Kedua

Berselang 1 sampai 2 minggu dilakukan kegiatan pembajakan kedua dengan memotong arah dari arah pembajakan pertama, gunanya itu:
  1. Memperkecil bongkahan tanah menjadi remah.
  2. Meratakan atau homogen campuran antara unsur liat, pasir, tanah serta bahan orgaik pada lapisan olah.
  3. Mematikan bibit-bibit gulma yang baru tumbuh.

Pengolahan Tanah

Penebasan rumput-rumput/belukar. Penebasan dilakukan dengan menggunakan parang. Rumput atau belukar yg udah ditebas dikumpulkan pada suatu tempat sehabis itu di bakar.

Garu

Idealnya dilaksanakan 1-2 minggu berselang dari bajak kedua, hal ini tentu saja berguna untuk:
  1. Membentuk lapisan kedap air di permukaan tanah.
  2. Untuk lahan yg mempunyai lapisan kedap air di bawah lapisan olah atau pun top soil tujuan itu bisa saja diabaikan.
Membenamkan bagian-bagian tumbuhan yang masih tersisa. Pengolahan lahan pada lahan tegal atau ladang dengan becocok tanam sistem gogo, pengolahan lahan memakai kaidah kaidah yg sm dengan di lahan sawah.

Yaitu untuk memperbaiki komposisi lapisan olah maupun top soil, melancarkan sirkulasi udara dlm tanah, mengurangi gulma, serta meratakan permukaan.

Kelalaian dlm pegolahan lahan memungkinkan besar produksi yg ingin tak tercapai. Bercocok tanam tanpa olah tanah dapat dikerjakan pada lahan bukaan baru (Hutan) yang kesuburannya masih terjagga.

Atau melewati pengolahan alamiah secara pertahap kesuburan di tingkatkan yaitu dengan cara mengembalikan sebagian besar sisa tanaman setiap panen pada permukaan lahan di tambah pengaturan irigasi yang sangat baik.

Seleksi Benih

Persiapkan air yang telah diisi sejumlah garam sampai telur mengapung setelah itu dipake untuk menseleksi benih. Caranya masukan benih padi ke dlm air bergaram tersebut, maka akan diperoleh kondisi benih tenggelam, melayang serta mengapung.

Persemaian

Namun dengan adanya sistem baru (SRI-System of Rice Intensification) cukup dipersiapkan 10 kg saja per hektare lho.

Persemaian dikerjakan dengan menyebar benih padi dengan merata pada bedengan dengan kandungan air jenuh akan tetapi tak menggenang.

Perawatan

Padi yakni jenis tanaman yng memerlukan perawatan utk pertumbuhan nya. Perawatan dpt berupa pemupukan serta penanggulangan hama. Pemupukan pada tanaman padi dapat menggunakan pupuk urea, pupuk Kcl, dan juga dapat menggunakan pupuk poshpat.

Tehnik Budidaya Tanaman Padi Yang Terakhir, Pemupukan

Pemupukan disesuaikan dengan rekomendasi Hasil uji Tanah pada lahan becocok tanam serta juga dari Hasil penelitian Varietas padi yang akan digunakan.

Walaupun pemanenan bukan bagian dari budidaya padi, namun Anda dapat memanen padinya dengan membeli di jual mesin panen padi karena lebih mudah dan lebih cepat dalam pemanenannya.

Mungkin cukup sekian artikel mengenai tehnik budidaya tanaman padi, semoga bermanfaat.
Terimakasih. Apabila Anda ingin membaca artikel yg lain. Anda dapat mengklik disini.

Komentar